Rabu, 09 Februari 2011

CLOTH DIAPER (CLODI) ...??

Yah klo di bahasa Indonesia-kan ya artinya popok kain. Tapi popok kain disini bukan cuma popok kain tetra segi empat bertali yang biasa dipake jaman dulu .

  • One-Size Pocket Diaper : berupa popok dengan kantung (pocket) di bagian belakang/tengah untuk diisi sumpalan kain penyerap ompol. Popok jenis ini yang sering disebut CLODI (= Cloth Diaper) oleh para mama masa kini. Bagian dalam pocket-diaper dibuat dari bahan lembut (fleece atau microfleece) yang bisa dilalui air pipis namun permukaannya tetap kering; sementara bagian luar popok dibuat dari bahan yang bersifat menolak-air (bahan PUL biasa atau minky velour). Disebut one-size karena popok ini memiliki setting kancing & lipatan yang bisa diatur sedemikian rupa sehingga rentang waktu pemakaian popok ini relatif lebih lama (dipakai dari baru lahir sampai saat anak lulus toilet training, atau dari berat 3,5 – 18 kg). Daya serap popok & daya tampung ompolnya ditentukan dari jumlah & jenis kain penyerap ompol didalam kantungnya. Sebelum dicuci, kain penyerap ompol harus dikeluarkan dari kantong-popok. Relatif cepat kering karena dicuci & dijemur terpisah.
    Durasi pemakaian pocket diaper ini bervariasi… bisa sekitar 2-3 jam, tapi ada juga yang tahan sampai 8-9 jam :P Pastinya, ada rupa-ada harga. Untuk mencegah timbulnya ruam-popok, pocket diaper tetap harus rajin-rajin diperiksa seberapa jenuhnya sudah menyerap ompol. Kalau tidak, sama saja seperti pakai pospak, ya…
  • Insert : ini dia pasangan-sejatinya one-size pocket diaper. Insert adalah lembaran kain penyerap ompol yang dimasukkan (inserted) kedalam kantong pocket-diaper. Dibuat dari bahan-bahan berdaya serap tinggi seperti katun, microfiber, terry (sejenis handuk), bamboo-fibre, atau hemp (ini yang dayaserapnya paling bagus). Biasanya kalau beli satu one-size pocket diaper sudah termasuk dikasih dua lembar inserts. Biarpun selembar insert ini tampaknya tipis, tetapi dayaserap & daya-tampung cairannya besar… bisa untuk pemakaian antara 3-8 jam. Untuk menambah daya tampung ompol, tinggal tambahkan jumlah insert ke dalam kantung popok. Flat diaper, prefolds maupun kain alas ompol yang dilipat-lipat bisa juga dimanfaatkan sebagai insert, tapi popok akan tampak terlalu tebal di daerah sekitar bokong.
    Ada beberapa jenis lembaran kain serupa insert yang pemakaiannya cukup diletakkan diatas diaper-cover atau shell; ini biasanya disebut sebagai soaker. Untuk menambah daya serapnya, diatas soaker tinggal ditambahkan lapisan booster. Soaker & booster dibuat sedemikian rupa sehingga kalaupun jenuh menyerap air pipis, permukaannya akan relatif tetap kering (atau, paling-paling sedikiit lembab), sehingga aman saat bersentuhan dengan kulit bayi. Berbeda dengan insert : permukaan insert yang sudah banyak menyerap air pipis akan terasa basah-kuyup, sehingga sebaiknya tidak bersentuhan langsung dengan kulit bayi karena bisa menimbulkan ruam popok. Sedangkan pada insert yang belum banyak menyerap air pipis, saat kontak dengan kulit bayi bisa menyerap kelembaban kulit sehingga membuat kulit jadi kering.
  • All-in-One Diaper (AIO diaper) : berupa popok kain yang lapisan luar (cover) & lapisan-penyerap-ompol didalamnya sudah dijahit menyatu, sehingga lebih praktis saat digunakan. Tidak perlu memasukkan sumpalan inserts, origami-melipat-popok, pasang peniti disana-sini, ataupun bolak-balik memasangkan diaper-cover… tinggal gunakan saja. Kancingnya bisa berupa perekat velcro atau kancing snaps. Hanya saja karena dijahit menyatu, popok ini cukup tebal & butuh waktu lebih lama untuk kering setelah dicuci. Beberapa produsen ada yang membuat AIO diapers dengan berbagai ukuran (S,M,L, XL), tapi sekarang ada juga AIO diapers yang dibuat one-sized (untuk dipakai dari berat badan 3-15 kg).
Hmmm... bertanya2 kan, kenapa milih cloth diaper?? kan enakan pake Pampers aka Dispo, sekali pake langsung buang, ga repot2 kudu nyuci??

Why choose cloth diapers??taken from www.bayitembem.com

1. Save your money!! A LOT!!
2. Nyaman di baby, stay dry juga kayak dispo, n bebas ruam
3. Terbuat dari bahan natural, bebas bahan kimia
4. Bisa dipake sampe 1000x cuci, isa diwariskan ke adiknya
5. Go green!! ga nyampah n ga mencemari lingkungan :P
6. Cute... Lucu2, yang solid isa colorful banget, yang motif semakin bikin ngiler hihihihi :P 7. Gampang makenya!! Praktis kayak pake dispo aja kok
8. Yang one size isa dipake mulai dari berat 3,5kg mpe 15 kg an, jadi ya kira2 isa dipake    2 taonan lahhh...
9. Baby jadi lebih cepat toilet trainingnya drpada yg pake dispo lhoh

Thats it...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar